Monday 22 September 2014

AGEs: Senyawa Berbahaya dalam Masakan

Memasak makanan bermanfaat untuk membunuh kuman serta membuat makanan lebih mudah dicerna, lebih awet dan lebih lazat. Namun, memasak makanan dengan suhu terlalu tinggi atau dalam waktu lama boleh menghasilkan zat yang berbahaya bagi tubuh. Zat itu dikenali sebagai Advanced Glycation End products (ages), yang terjadi apabila molekul gula melebur dengan lemak atau protein dalam proses yang dipanggil glycation ( glycation ) . Ages banyak terdapat dalam daging yang dimasak hingga kecoklatan atau berarang dengan membakar, menggoreng atau membakar.protein dalam proses yang disebutdaging yang dimasak hingga kecoklatan atau berarang dengan membakar, menggoreng atau membakar.
 
Tubuh kita secara alami juga membentuk AGEs ketika terdapat gula berlebihan dalam aliran darah, dalam proses yang disebut glikasi endogen. Tubuh yang sehat akan membuang produk glikasi, baik yang diambil dari makanan maupun yang dibuat sendiri. Namun, bila kita berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung AGEs, tubuh kita akan kewalahan sehingga tidak dapat menghilangkannya secara efektif. Akumulasi AGEs di dalam tubuh dapat memengaruhi semua sel, menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap penyakit dan penuaan dini. AGEs diketahui berkontribusi terhadap peningkatan stres oksidatif dan peradangan, yang memicu dan memperburuk kondisi seperti diabetes , penyakit kardiovaskular, penyakit Alzheimer, penyakit buah pinggang, penurunan keanjalan kulit, disfungsi erektil laki-laki, dan fibrosis paru.

Tips untuk mencegah pengumpulan ages

  • Kurangkan pengambilan makanan tinggi ages. Kurangkan pengambilan daging bakar seperti  steak lembu atau satai kambing. Ganti dengan sumber protein lain yang dikukus atau direbus, seperti pepes ikan atau pepes ayam. Bila anda ingin memasak daging merah, cubalah untuk tidak memasak dengan suhu tinggi dengan kaedah slow-cookingmemasak . Memasak daging dengan kombinasi rempah asam yang mengandungi lemon atau cuka juga bermanfaat mengurangkan kadar ages.
  • Perbanyak makan sayur-sayuran. Sayuran adalah sumber bioflavonoids, polifenol, dan pelbagai vitamin dan mineral. Mengambil sayuran bermanfaat untuk menyediakan antioksidan yang mengimbangi kesan ages dan menyediakan serat yang membantu menghilangkan racun dengan memelihara aktiviti usus.antioksidan yang mengimbangi kesan ages dan menyediakan serat yang membantu menghilangkan racun dengan memelihara aktiviti usus.
  • Dapatkan cukup tidur. Orang yang kurang tidur mempunyai ages beredar yang tinggi. Tidur adalah waktu ketika tubuh melakukan sebahagian besar pertumbuhan dan pembaikan rangkaian, sehingga lebih mampu mempertahankan diri melawan ages.
sumber : http://majalahkesehatan.com/
Ditulis oleh dr Salma