Wednesday 11 June 2014

Gejala Penyakit Kolera

Gejala Penyakit Kolera,- Apa itu kolera ? Kolera adalah sejenis penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri bakterium Vibrio Cholerae yang menyerang sistem pencernaan. Ini terjadi akibat makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh bakteri tersebut yang mengakibatkan diare sampai kehilangan cairan tubuh (dehidrasi). Jika tidak mendapatkan pertolongan lebih lanjut, maka akan mengakibatkan kematian karena kekurangan cairan tubuh. Jadi, penyakit ini juga menjadi penyakit yang ditakuti karena dapat berujung dengan kematian pada penderita. Penularannya bisa terjadi melalui urin ataupun kotoran manusia, jika kedua tersebut mengandung bakteri maka air dan biota dalam sungai terkontaminasi bakteri tersebut. Maka orang yang melakukan kontak dengan air tersebut beresiko terkena penyakit kolera. Nah bagaimana sih ciri ciri atau tanda gejala penyakit kolera ? mari kita simak dibawah ini.

Berikut Adalah Gejala Penyakit Kolera :
  • Gejala Penyakti Kolera biasa ditandai dengan Diare Yang Terus Menerus
  • Kotoran Yang Berubah Menjadi Cairan Putih Keruh
  • Muntah Bersamaan Dengan Diare
  • Kejang Otot
  • Dehidrasi
  • Fisik Melemah
  • Karena terus menerus mengeluarkan cairan melalui diare dan muntah, membuat penderita mengalami kekurangan cairan (dehidrasi). Jika tidak segera mendapat penanganan maka bisa mengakibatkan syok, gagal ginjal, dan bahkan koma.
Pertolongan Pertama Saat Muncul Gejala Penyakit Kolera
Karena sebagian besar penderita gejala penyakit kolera mengalami dehidrasi, maka harus segera ditangani dengan mengganti cairan tubuh tersebut, jika dehidrasi sudah masuk tahap tinggi maka harus dilakukan penggantian cairan dengan melakukan infuse. Dan penderita juga harus diberikan antibiotic yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan menghentikan diare. Untuk pencegahan hindari makanan yang dimasak setengah matang, buah dan sayuran yang belum dikupas, serta minum air yang sudah dimasak sebelumnya, ini bertujuan supaya bakteri yang terdapat pada air bisa mati. Dan jika anda mengalami diare dan muntah, segera pergi kedokter untuk mendapatkan penanganan. Menjaga kesehatan dan pola hidup sehat dapat melindungi kita dari berbagai macam penyakit. Itulah postingan tentang gejala penyakit kolera semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda dan anda bisa lebih waspada lagi akan penyakit ini.

sumber dari : http://www.gejalapenyakit.com/