Monday 28 April 2014

Lima Alasan Mengapa Kita Harus Tidur Lebih Cepat

Setelah seharian beraktifitas dan berkerja, Kita tentu butuh tidur, tidur yang berkualitas tentu dapat mengembalikan energi kita. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur lebih awal atau cepat ada manfaatnya. Berikut ini adalah lima alasan manfaat dari tidur lebih awal yang dikutip dari healthmad:

Tidur lebih awal sangat baik untuk kesehatan hati.

Seorang dokter berusia 37 tahun dari National Taiwan Hospital membuat rekannya terkejut ketika ia didiagnosis menderita kanker hati, padahal dia rajin memeriksakan kondisi hatinya. Ada kemungkinan penyakit ini tidak terdeteksi. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menghindari penyakit hati daripada mencegahnya sedini mungkin, dan tidur lebih awal adalah cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit hati. Pada jam 11 malam sampai jam 1 pagi, proses detoksifikasi terjadi di hati. Proses ini akan optimal saat kita tidur nyenyak. Tidur lebih awal dan bantu hati Anda bekerja dengan baik.

Tidur lebih awal sangat baik untuk sistem antibodi kita. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa, ketika orang sehat tidur terlambat, tubuh mereka akan rentan terhadap infeksi. Hal ini terjadi karena pada jam 9 sampai jam 11 malam ada proses detoksifikasi pada kelenjar getah bening. Proses ini harus terjadi dalam situasi tenang. Jika seseorang masih bekerja selama jam itu secara terus menerus, maka akan membawa dampak negatif terhadap kesehatannya. Itu sebabnya penelitian menunjukkan setiap jam tidur kita sebelum tengah malam dua kali lebih baik dari pada jam tidur  setelah tengah malam.

Tidur lebih awal sangat baik untuk metabolisme.

Ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan tidur terlambat setelah tengah malam dan bangun terlambat sampai sore. Mereka pikir itu baik-baik saja selama durasi tidur 8 jam mereka terpenuhi, padahal hal ini akan mengacaukan pembuangan zat tidak berguna dari tubuh kita. Kemampuan kita untuk mempertahankan tenaga sangat penting untuk kesehatan kita.

Sarapan sangat penting untuk kesehatan kita.

Di pagi hari dari jam 7 sampai jam 9, usus kita menyerap nutrisi dari makanan. Ini berarti kita harus sarapan. Penelitian menunjukkan bahwa untuk orang sakit lebih baik untuk sarapan sebelum jam 06:30. Sarapan sangat penting untuk kesehatan kita. Bagi mereka yang tidak bisa bangun pagi-pagi, Anda bisa sarapan pada jam 9 sampai jam 10, daripada tidak sarapan sama sekali. Untuk dapat bangun pagi-pagi untuk sarapan tentu saja kita harus tidur lebih awal .

Tidur terlambat memiliki dampak negatif terhadap produktifitas.

Tidak ada pengganti untuk tidur di malam hari. Beberapa orang mencoba tidur di sore hari. Hal ini masih belum dapat menggantikan manfaat yang kita dapatkan ketika kita tidur di malam hari. Tanpa tidur yang cukup di malam hari kita kehilangan kemampuan kita untuk berkonsentrasi dan membuat keputusan yang kompleks. Tidur yang cukup di malam hari adalah faktor terpenting dalam kemampuan seseorang untuk mempertahankan tingkat kinerja yang tinggi, mengatasi stres, dan merasakan kepuasan dalam hidup. Tidur yang cukup berdampak langsung pada suasana hati dan emosi kita, kemampuan kita untuk berpikir kreatif dan merespon dengan cepat.
 
sumber dari : http://factsandhealth.blogspot.com/