Tuesday 6 May 2014

13 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Apakah anda sudah tahu tentang manfaat dan khasiat dari daun salam untuk kesehatan? Apabila anda belum mengetahuinya berikut ini beberapa kandungan di dalam daun salam yang perlu Anda ketahui :

Daun salam mengandung Mineral
Daun salam juga mengandung beberapa mineral penting, meskipun dalam jumlah yang relatif kecil. Daun salam merupakan sumber zat besi, mineral yang memberikan kontribusi untuk sel darah merah. Setiap sendok makan daun salam bubuk mengandung 0,77 gram zat besi.

Daun salam mengandung Kalori
Karena hanya digunakan dengan jumlah yang sangat kecil dalam masakan, daun salam hanya menyumbangkan kalori dengan jumlah yang tidak signifikan.

Daun salam mengandung Vitamin
Kandungan daun salam lainnya yang cukup lengkap adalah vitamin dalam jumlah yang relatif kecil. Setiap 1 sendok makan daun salam bubuk memiliki kandungan sekitar 111 IU vitamin A, sekitar 4-5 persen dari jumlah yang dibutuhkan oleh pria dan wanita setiap harinya.

Daun salam mengandung Karbohidrat dan Serat
Sebenarnya kandungan karbohidrat dalam daun salam cukup tinggi, yakni sejumlah 1,35 gram setiap sendok makan bubuk daun salam. Satu gram karbohidrat mengandung kurang lebih 4 kalori. Jadi setiap sendok makan daun salam menghasilkan kurang lebih 5 kalori.

Adapun manfaat daun salam, silahkan dibaca :
  1. Menyembuhkan penyakit kolesterol.
  2. Mengatasi penyakit stroke.
  3. Membantu mengatasi penyakit asam urat tinggi.
    Daun salam bermanfaat untuk meringankan bahkan menyembuhkan penyakit asam urat. Hal ini terkait erat dengan kandungan vitamin C dan juga B kompleks yang memang baik dalam mengatasi asam urat.
  4. Daun salam juga dikenal bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini terkait dengan kandungan tannin dan flavanoida yang ada di dalamnya.
  5. Membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh kita.
  6. Mengatasi radang lambung.
  7. Sebagai obat diare.
  8. Membantu mengurangi gatal – gatal.
  9. Sebagai obat kencing manis.
  10. Daun salam dikenal sebagai hepaprotektor. Senyawa antioksidan di dalamnya (2 kali kipat lebih kuat dari vitamin E) memang ampuh melindungi serta memelihara organ tubuh termasuk hati.
  11. Daun salam bisa mengurangi potensi terkena penyakit degeneratif karena ia mengandung zat penting seperti neral, cetechin, penene serta limonene yang dikenal mampu menghambat perkembangan sel abnormal di dalam tubuh.
  12. Daun salam merupakan immune booster. Hal ini terkait erat dengan kandungan vitamin yang ada di setiap helainya.
  13. Daun salam sangat baik dalam melancarkan serta menyehatkan pencernaan manusia. Sebagai efek samping pencernaan yang lancar, perlahan berat badan tubuh akan menyusut. Karena hal inilah sehingga daun salam juga dikenal ampuh menormalkan berat badan seseorang.
Semoga tips kesehatan tentang 13 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan yang saya postingkan ini bermanfaat bagi anda!