Tuesday 15 April 2014

10 Cara Alami Untuk Menurunkan Kolesterol

Banyak orang yang tidak mengetahui fakta, bahwa sebenarnya kolesterol adalah zat penting yang memiliki berbagai fungsi dalam tubuh termasuk untuk sintesis vitamin D dan hormon. Namun, jika kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah, terutama jika kolesterol jahat ( Kolesterol LDL) lebih banyak daripada kolesterol baik (Kolesterol HDL), maka hal ini dapat menyebabkan penumpukan plak di dinding arteri, sehingga mempersempit saluran arteri dan menghambat jalannya aliran darah. Jika dibiarkan terus menerus maka dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.
Cara menurunkan kolesterol
Ada ungkapan lebih baik mencegah daripada mengobati, oleh karena itu ada baiknya juga kita menjaga kadar kolesterol kita sebelum hal-hal buruk seperti serangan jantung dan stroke menyerang.  Dan untuk mengurangi kadar kolesterol yang tinggi kita dapat melakukan cara-cara alami, Berikut ini adalah 10 cara menurunkan kolesterol dengan alami:

1. Kurangi makan makanan berlemak
Makan makanan berlemak dapat meningkatkan kolesterol. Oleh karena itu jika Anda ingin makan, pilihlah daging tanpa lemak. Atau kalau Anda sedang memasak daging, usahakan untuk menghilangkan bagian lemak terlihat dan kalau Anda masak ayam, buanglah bagian kulitnya.
2. Jangan terlalu sering menggunakan minyak goreng dalam memasak
Maksudnya disini adalah bagaimana cara kita memasak makanan kita, alih-alih digoreng, maka cobalah untuk merebus atau memanggang. Anda bisa menemukan banyak resep-resep menarik dengan cara merebus atau memanggang. Jikapun harus menggoreng, jangan memakai minyak goreng yang sudah dipakai berkali-kali.

3. Makan ikan
Asam lemak Omega 3  banyak ditemukan dalam ikan. Asam lemak Omega 3 berguna meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan mengurangi pembentukan plak.

4. Berolahragalah secara teratur
Berolahraga secara teratur seperti berjalan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik Anda.

5. Jangan merokokBagi Anda para perokok, lebih baik Anda berhenti merokok, karena merokok mengurangi kadar kolesterol baik.

6. Menurunkan berat badan
Kelebihan berat badan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik. Kurangilah berat badan Anda.

7. Makan makanan berserat
Serat larut membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Buncis dan kacang-kacangan adalah beberapa makanan yang kaya akan kandungan serat.

8. Minum teh hijau
Daripada minum minuman bersoda dan tinggi gula, lebih baik Anda minum teh hijau. Sebuah studi pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa teh hijau membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

9. Makan kacang-kacangan
Makan sekitar segenggam kacang per hari, terutama kacang kenari dan almond telah terbukti bermanfaat dalam membantu mengurangi kolesterol karena kaya akan asam lemak omega 3.

10. Makanlah buah-buah dan sayuran yang berwarna-warni
Makan lima porsi dari berbagai buah-buahan dan sayuran berwarna setiap hari memberikan manfaat antioksidan kepada Anda. Alpukat merupakan salah satu contoh buah yang mengandung kolesterol baik.

Itu tadi artikel kesehatan tentang 10 cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol. Dengan gaya hidup sehat, maka kolesterol pun dapat di kontrol. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Terima Kasih.
 
sumber dari:  http://factsandhealth.blogspot.com/