Tuesday 15 April 2014

Tips Mengatasi Jantung Koroner

Gaya Hidup SeHat cegah Jantung Koroner , benarkah demikian ? Ya , memang gaya hidup sehat bisa cegah Jantung koroner . Penyakit jantung koroner ( PJK ) adalah penyakit yang menyerang pembuluh darah arteri koroner yang mengalirkan darah ke jantung . PJK dapat berupa serangan jantung mendadak , kematian jantung mendadak , dan penyakit jantung iskemi akibat penyempitan pembuluh darah koroner . Tetapi ada pula serangan PJK tanpa gejala , yang hanya dirasa tak enak di dada . Banyak orang yang meremehkan akn hal ini , sehingga mereka beranggpan mereka sehat sehingga lama – kelamaan berakibat penyakit jantung .

Gaya Hidup SeHat cegah Jantung Koroner , tapi masih saja banyak yang meremehkan gaya hidup ini. Sebelumnya anda harus tau bagaimana PJK itu datang dan bagaiman mencegahnya . PJk terjadi karena pembuluh darah arteri koroner karena banyaknya timbunan lemak , kolesterol dan jaringan ikat pada dinding pembuluh darah . Hal ini terjadi secara perlahan dan dalam waktu yang lama . Jika pembuluh koroner tersumbat , maka otot jantung tidak mendapat pasokan darah dan nutrisi , juga pasokan oksisen yang sangat diperlukan .

Karena hal tersebut mengakibatkan sebagian sel jantung mati , dan kerja otot jantung bertambah . Pada saat itulah penderita PJK merasa nyeri di dada , seperti terasa terhimpit barang berat , seperti diremas dan dipelintir . Nyeri ini dirasakan lebih dari 15 menit . Sebenarnya setiap orang memiliki resiko terserang PJK , baik dari factor keturunan maupun usia , juga jenis kelaminnya . Jika PJK terjadi karena factor keturunan , tidak banyak yang dapat dilakukan , tapi jika factor PJK adalah usia dan jenis kelamin , maka gaya hidup sehat dapat cegah PJK .

Berikut ada beberapa tips untuk mencegah PJK
  • Perhatikan asupan makanan yang anda konsumsi
  • Pilihlah makanan rendah lemak dan rendah kolesterol
  • Makanlah buah – buahan dan sayuran yang berserat tinggi
  • Batasi penggunaan garam pada makanan untuk penderita tekanan darah tinggi, dan bagi penderita diabetes mellitus batasi makanan yang manis
  • Hindari merokok dan jangan minum minuman beralkohol
  • Hindari stress yang berlebih
  • Periksakan diri anda secara teratur ke dokter , ketika anda merasa tidak enak pada dada kiri atau belakan punggung dada.
Source: http://ms.shvoong.com/medicine-and-health/