Wednesday 25 June 2014

Jangan Sepelekan Gondok

jangan gangu, haifa wehbe, guitar jangan menyerah, vierratale, andy lau, bruce lee, anggun c sasmi, edge of glory, careless whisper seether, hantu, agnes monica matahariku, heart 2 heart, padi, jangan pisahk, hijau daun cobalah, jangan parkir, d86, jangan bersedih, dunia pasti berputar, waiting acoustic, wings ranggi metropolis, gangnam style, gita kdi nirmala, grindroad v2, ac disini raya, procol harum homburg, america top model, jangan menangis indnesia, geisha meraih bintang, jangan kau lupa, zoey rahman gwiyomi, sheila on 7, ingat kamu, saujana kla, bandit fortress, princesss jangan pergi, rhoma irama, om seka, isabella adalah, friv games, privis to privis, broery pesolima songs, cinta chrisye, vierra kesepian, ipang feat tantri, within temptation, ayy ladies tyga, ys jangan, semusim marcell, jangan gangu banci, bius-bius cinta, jangan menangis dinda, prices op percia, sophia grace brownlee, firman band, jangan kita lupa, broery marantika, animal x, eno lerian, anima bintang, cintakan membawamu kembali, opick rapuh lirik, jangan gila buncit, pamit broery, jangan menagis, berita kepada kawan, roxx, bhaktamar stotra full, cinta tegi segi, genji, a lala long, hingga ujung waktu, eldewise, the veronicas untouched, adakah cinta untukku, avatar, panda bear, perut meletup, belaian jiwa, saat indah, paulmccartney, black dog bone, begadang jangan begadang, jangan bersedih maza, emily, jangan gila, aura, alif baa taa, jangan ambil nyawaku, yuna, indonesian idol jangan, guitar anime, apple, d.o.t, agnes monica, indonesian idol lucu, jangan pernah selingkuh, boomerang,
Sejak zaman dahulu penyakit gondok sudah sangat dikenal, akan tetapi kebanyakan orang menganggap penyakit tersebut adalah penyakit yang remeh kerana tidak mengancam jiwa. Benarkah demikian? Penyakit gondok merupakan semua kelainan yang menyebabkan pembesaran kelenjar gondok, yang ditandai oleh lebam di leher yang ikut gerakan menelan. Kelenjar gondok (tiroid) merupakan sebuah kelenjar berbentuk rama-rama yang terdapat di leher. Kelenjar gondok (tiroid) berfungsi menghasilkan hormon tiroksin dari bahan mentah iodin, yang bermanfaat untuk metabolisme, pertumbuhan tubuh, dan memacu perkembangan dan kematangan sistem saraf. Iodin merupakan sejenis mineral yang terdapat di alam, baik di tanah maupun di air, merupakan zat gizi mikro yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Apabila makanan dan air yang digunakan kurang mengandungi iodin maka kelenjar tiroid akan bekerja keras untuk mencukupi keperluan hormon tiroksin tubuh sehingga lama-kelamaan akan terjadi pembesaran kelenjar tersebut, yang kita kenal sebagai penyakit gondok.

Gejala yang timbul akibat kekurangan iodin secara terus-menerus dalam jangka waktu lama disebut sebagai GAKY (Gangguan Akibat Kurang Iodin). Gejala-gejala antara lain pembesaran atau benjolan di leher bahagian depan, dan pada bayi dan anak-anak biasanya disertai dengan gangguan tumbuh kembang dan kretinisme (kerdil). Akan tetapi, pesakit kurang iodin yang ringan boleh juga tanpa gejala apa-apa sehingga sering tidak disedari. Padahal perlu kita ketahui bersama bahawa sekitar 42 juta penduduk di Indonesia tinggal di daerah endemis gondok (tinggal di persekitaran yang tanahnya kekurangan iodin).

Apakah penyakit gondok berbahaya?

Akibat yang ditimbulkan oleh penyakit gondok pada orang dewasa antara lain produktiviti menurun kerana tubuh lemas dan cepat lelah, gangguan kosmetik akibat pembesaran kelenjar tiroid dan penekanan pada jalan nafas sehingga terjadi suara serak sampai sesak nafas. Sedangkan pada bayi dan anak-anak akibat yang ditimbulkan justru lebih serius, yakni pertumbuhan terbantut ( cretinism ) atau kerdil, penurunan potensi tahap kecerdasan (penurunan Intelligence Quotient = IQ ), dan gangguan bicara serta tuli. Potensi penurunan IQ kerana GAKY yakni menurun sampai 50 mata yang disertai kerdil dan menurun sampai 10 mata pada anak dengan penyakit gondok. Sedangkan kekurangan yodium pada ibu hamil boleh menyebabkan keguguran spontan, bayi lahir mati, bayi meninggal sebelum umur 1 tahun dan kemungkinan bayi menjadi kerdil saat dewasa.

Namun jangan bimbang, penyakit gondok tersebut dapat dicegah, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan peningkatan penggunaan garam yg mengandung natrium. Garam yg mengandung natrium yang digunakan harus memenuhi Standard Nasional yakni mengandungi iodin sebanyak 30-80 ppm. Dianjurkan setiap orang mengambil garam yg mengandung natrium sekitar 6 gram atau 1 sudu teh setiap hari. Keperluan ini dapat dipenuhi dari makanan sehari-hari yang diolah dengan menggunakan garam sebagai penambah rasa dalam hidangan. Selain itu setiap orang dianjurkan mengambil makanan dari laut yang kaya akan iodin seperti ikan laut, udang, dan kerang.

Jadi, kerana kesan penyakit gondok sangat serius, terutama pada bayi dan anak-anak, sedangkan gejalanya pun sering tidak kita sedari, maka dari itu tindakan pencegahan sangat disarankan untuk dilakukan, sebab anak-anak adalah masa depan bangsa.

-----------------
Alasan Penulisan Artikel:
Penulis tinggal di daerah endemis gondok, dan penulis seringkali mendapati pesakit dengan penyakit gondok pada anak-anak, dan ibu bapa mereka kurang menyedari hal tersebut.

Tentang Penulis:
dr Yaditta Mirdania adalah doktor umum asal Lumajang, Jawa Timur yang kini bertugas sebagai PNS di Puskesmas Bakunase Kota Kupang. Anda boleh menghubungi beliau melalui laman kenalan atau email: ditta_1985@yahoo.com.