Thursday 20 March 2014

Gejala Penyakit Chinese Restaurant Syndrome

Gejala Chinese Restaurant Syndrome (CSR) itu nama penyakit dengan gejala alergi akibat terlalu banyak ngonsumsi MSG. Gejalanya mula-mula terasa kesemutan di punggung dan leher, bagian rahang bawah, lengan dan punggung lengan jadi panas, juga gejala-gejala lain seperti wajah berkeringat, sesak napas dan pusing kepala. Kenapa disebut penyakit chinese restaurant syndrome konon katanya seseorang mengalami gejala penyakit ini setelah makan makanan Cina.

Sebuah zat aditif makanan yang disebut monosodium glutamat (MSG) sering disalahkan untuk sindrom restoran Cina, tapi bukti ilmiah belum terbukti bahwa MSG menjadi penyebab gejala pada penyakit ini. Namun, tidak ada penjelasan lain setelah dilakukan secara ilmiah untuk gejala pada penyakit ini.

Gejala Penyakit Chinese Restaurant SyndromeGejala Penyakit Chinese Restaurant Syndrome

Kebanyakan orang biasanya tidak akan mengalami gejala alergi pada makanan yang mengandung MSG. Akan tetapi, banyak orang juga yang mengalami gejala alergi setelah makan makanan yang mengandung MSG. Maka dari itu, banyak restoran Cina sekarang yang mempromosikan makanan restorannya tanpa mengandung MSG untuk menarik kembali pelanggannya yang sudah trauma terhadap makanan restoran Cina yang dianggap mengandung MSG.

MSG itu sendiri merupakan tambahan makanan yang digunakan sebagai penambah rasa untuk membuat makanan terasa lebih enak. MSG mirip dengan glutamat, zat yang ditemukan secara alami dalam hampir semua makanan. MSG ditambahkan ke banyak makanan olahan, termasuk beberapa makanan Cina, hot dog, dan keripik kentang. Penyebab Gejala Penyakit Chinese Restaurant Syndrome adalah Terlalu banyak makan makanan yang mengandung MSG pada makanan Cina, maupun pada makanan lainnya. Karena kandungan MSG juga dapat ditemukan pada makanan lainnya selain makanan dari restoran Cina.

Berikut Adalah Gejala Penyakit Chinese Restaurant Syndrome :

  • Alergi
  • Mual
  • Kelelahan
  • Nyeri Dada
  • Berkeringat
  • Sakit Kepala
  • Sesak Napas
  • Kulit Memerah
  • Mati Rasa atau Terbakar di Mulut (tenggorokan)
  • Denyut Jantung Lebih Cepat dari Biasanya

Pengobatan Gejala Penyakit Chinese Restaurant Syndrome

Pengobatan pada Gejala Penyakit Chinese Restaurant Syndrome ini biasanya tergantung pada gejala yang ditimbulkan, jika gejala yang ditimbulkan hanya berupa alergi mungkin dapat diobati dengan obat anti alergi.

Tetapi, jika penderita mengalami gejala yang membahayakan dirinya seperti sesak napas dan yang lainnya, maka harus segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan secara cepat dan tepat supaya tidak terjadi hal yang berbahaya bagi kesehatan penderita. Lakukan pencegahan dengan mengatur asupan gizi pada makanan sebelum mengkonsumsinya, serta rajinlah olahraga dan konsumsi buah dan sayur untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya tetap kuat dan sehat.

sumber dipetik dari:-http://www.gejalapenyakit.com/gejala-penyakit-chinese-restaurant-syndrome/