Thursday 20 March 2014

Gejala Penyakit Demam Berdarah

Gejala Penyakit Demam Berdarah,- Demam berdarah (DBD) seperti yang kita tahu penyakit ini disebabkan oleh virus dengue melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Demam berdarah tidak menular dan tidak menyebar dari orang ke orang melalui kontak fisik, akan tetapi dapat menular melalui gigitan nyamuk yang membawa virus demam berdarah (dengue).

Cara yang paling efektif untuk mencegah demam berdarah adalah dengan mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari gigitan nyamuk. Demam berdarah ditandai dengan demam yang berlangsung antara 2 – 7 hari, dengan tanda-tanda umum dan gejala yang konsisten pada demam berdarah.

Ketika penurunan demam pada tubuh, tanda-tanda peringatan menandai pembuluh darah terkecil (kapiler) menjadi berlebihan atau bocor. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan sistem peredaran darah dan shock, dan mungkin akan meninggal jika tidak dilakukan pengobatan secara cepat dan tepat. Selain itu, pasien dengan jumlah trombosit yang rendah akan sangat rentang terserang penyakit ini dan jika sudah terserang biasanya terjadi perdarahan, biasanya mudah memar atau memiliki jenis perdarahan kulit lainnya, perdarahan hidung atau gusi, dan pendarahan yang terjadi pada organ dalam tubuh.

gejala penyakit demam berdarah dan penyebabnyaGejala Penyakit Demam Berdarah dan Penyebabnya

Kebersihan lingkungan menjadi factor utama dalam penyakit ini, karena jika lingkungan sekitar terutama lingkungan rumah dalam keadaan kotor, maka nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit ini akan dengan mudah berkembang biak. Maka dari itu, kesehatan dan kebersihan lingkungan sangat penting pada penyakit ini maupun pada penyakit apapun, karena jika lingkungan sekitar sehat maka kita juga akan mendapatkan dampak yang baik juga. Selain itu, kelemahan sistem kekebalan pada tubuh juga dapat menjadi factor selanjutnya, biasanya ini terjadi pada anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk dengan sempurna.

Serta pola hidup menjadi pengaruh besar pada penyakit ini, jika pola hidup kita sehat maka tubuhpun akan tetap dalam keadaan sehat, begitupun sebaliknya jika pola hidup yang dijalani tidak sehat, maka tubuhpun akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Berikut adalah penyebab gejala penyakit demam berdarah :
  • Virus Dengue
  • Lingkungan Kotor
  • Pola Hidup tidak Sehat
  • Nyamuk Aedes Aegypti
  • Lemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

Berikut Adalah Gejala Penyakit Demam Berdarah :

  • Mual
  • Muntah
  • Kelelahan
  • Nyeri Otot
  • Nyeri Sendi
  • Sakit Kepala
  • Sakit di Belakang Mata
  • Tiba-tiba Demam Tinggi
  • Perdarahan Ringan (mimisan, gusi berdarah, atau mudah memar)
  • Ruam Kulit atau Keluar Bintik Merah , yang muncul 3-4 hari setelah timbulnya demam
Tidak ada pengobatan khusus untuk gejala penyakit demam berdarah, namun pengobatan biasanya dilakukan tergantung dari gejala yang ditimbulkan, karena pada penyakit demam berdarah banyak sekali tahap dalam penyebaran penyakit ini. Ini bertujuan untuk mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat, biasanya dokter memberikan obat penurun demam dan pereda rasa sakit, selebihnya pengobatan dilakukan secara berbeda-beda.

Untuk membantu pemulihan pada penyakit ini bisa dilakukan dengan cara mendapatkan banyak istirahat, minum banyak cairan, minum obat untuk mengurangi demam, dan minum cairan elektrolit untuk mengganti cairan yang hilang. Serta rajinlah konsumsi buah dan sayur untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya dapat mencegah penyakit demam berdarah kembali menyerang, dan selalu menjaga lingkungan untuk selalu bersih serta terapkan ola hidup sehat untuk mencegah dari serangan berbagai macam penyakit. Semoga postingan saya bermanfaat dan anda bisa lebih waspada lagi akan gejala penyakit demam berdarah.

sumber dipetik dari:-http://www.gejalapenyakit.com/gejala-penyakit-demam-berdarah/