Tuesday 18 March 2014

Gejala Penyakit Hernia

Gejala Penyakit Hernia,- Apa yang dimaksud penyakit hernia? Penyakit Hernia atau yang sering dikenal dengan penyakit turun berok adalah penyakit dimana bagian organ dalam perut (usus) keluar menembus lapisan dinding perut yang mengakibatkan turunnya buah zakar, dimana buah zakar terlihat lebih besar sebelah.

Ini disebabkan tekanan yang berlebihan dari dalam tubuh dan lemahnya dinding lapisan perut yang mengakibatkan perut tidak dapat menahan tekanan dan organ dalam tubuh (usus) menembus lapisan dingding perut dan keluar. Gejala penyakit hernia biasanya terjadi pada pria, terutama pada pria yang banyak aktivitas serta pada pria yang sudah tua. Namun penyakit ini juga dapat menyerang pada anak-anak, ini dikarenakan factor keturunan / bawaan.

gejala penyakit hernia dan cara pencegahannyaGejala Penyakit Hernia dan Cara Pencegahannya

Sebelum kita bahas tentang gejala penyakit hernia mari kita simak jenis-jenis dari penyakit ini. Dan menurut sifatnya, penyakit ini dibagi menjadi 5 jenis, diantaranya : Reponibel Pada jenis ini pada isi kantung hernia masih dapat keluar masuk. Dan yang kedua adalah Irreponibel Pada jenis ini kantong hernia tidak bisa lagi dikembalikan kedalam rongga. Yang ketiga adalah Strangulate Pada jenis inipenderita mengalami keluhan sakit pembuluh darah yang terjepit.

Yang keempat adalah Incarserata Pada jenis ini penderita mulai merasakan tidak bisa melakukan buang air besar, buang angin, dan rasa sakit yang semakin parah. Dan yang terakhir adalah Akreta Pada gejala penyakit hernia jenis ini penderita tidak merasakan sakit dan merasakan sumbatan pada usus, ini dikarenakan terjadi pelekatan tersebut.

Berikut Adalah Gejala Penyakit Hernia :

  • Rasa Nyeri Pada Bagian Bawah Perut
  • Adanya Benjolan Pada Bagian Bawah Perut
  • Rasa Sakit Pada Saat Melakukan Pekerjaan Berat Bahkan Saat Batuk-batuk
  • Rasa Nyeri Yang Luar Biasa Disertai Mual dan Muntah
  • Terjadi Infeksi
  • Demam
  • Pembesaran Pada Buah Zakar (pada pria)
Gejala penyakit hernia ini juga dapat disebabkan karena penderita mengalami obesitas, pada wanita hamil saat mau melahirkan, penyakit batuk yang terus menerus, penyakit paru-paru, dan masih banyak lagi. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan cara :
  • Lakukan Pemijatan Pada Perut Bagian Bawah Secara Rutin
  • Hindari Pekerjaan atau Olahraga Berat yang Dapat Membuat Kita Menahan Pada Perut
  • Jika Batuk Diusahakan Untuk tidak Terlalu Membuat Tekanan Pada Perut
  • Hindari Mengedan Pada Saat Buang Air Kecil / Besar
Pada umumnya pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi gejala penyakit hernia ini yaitu dengan cara operasi. Dengan memasukan kembali organ dalam perut yang keluar serta menempatkannya seperti semula. Untuk pencegahan lainnya dengan selalu menerapkan makan secara teratur, perbanyak konsumsi buah dan sayuran, penbanyak juga konsumsi minum air putih, tidak merokok dan meminum minuman yang beralkohol, dan yang pasti harus istirahat dengan cukup.

Menjaga kesehatan tubuh adalah menjadai modal awal untuk mencegah tubuh terserang penyakit apapun, salah satunya penyakit hernia. Semoga dapat menambah wawasan tentang menjaga kesehatan dari berbagai penyakit, dan semoga juga dapat bermanfaat dan semoga menambah wawasan anda terutama mengenai gejala penyakit hernia.

sumber dipetik dari:-http://www.gejalapenyakit.com/gejala-penyakit-hernia/