Tuesday 18 March 2014

Gejala Penyakit Endometriosis

Gejala Penyakit Endometriosis,- Yang dimaksud dengan penyakit Endometriosis adalah gangguan umum dari organ reproduksi wanita dan daerah panggul yang disebabkan oleh hormone estrogen. Endometriosis sering dikaitkan dengan periode menstruasi yang menyakitkan, dan jika tidak diobati, dapat mengakibatkan komplikasi, seperti kesulitan untuk hamil, kemandulan, dan pembentukan adhesi yang menyakitkan. Dalam kasus yang terjadi, Endometriosis tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat berhasil diobati untuk meminimalkan ketidaknyamanan dan meningkatkan peluang untuk hamil.

Endometriosis terjadi sebagai hasil dari pertumbuhan abnormal jaringan endometrium. Jaringan endometrium membentuk lapisan rahim dan ia memiliki kualitas istimewa karena merespon perubahan hormon menjadi menebal dan membesar dengan darah selama setiap siklus menstruasi. Dalam gejala penyakit endometriosis jaringan endometrium ini mulai tumbuh di tempat-tempat di luar rahim. Lokasi umum tersebut termasuk saluran telur, usus, vagina, dan bekas luka yang mungkin terbentuk setelah operasi perut.

Gejala penyakit Endometriosis dan penyebabnyaGejala Penyakit Endometriosis dan Penyebabnya

Proses diatas juga dapat menghambat atau mempengaruhi saluran telur sehingga pembuahan dan kehamilan cenderung tidak terjadi. Hal ini juga dapat mengakibatkan kemandulan, gejala lain dari endometriosis sering dikaitkan dengan periode berat atau menyakitkan. Pada kasus yang sudah terjadi, pada penyakit ini biasanya didasari oleh factor keturunan atau genetic, mempunyai rahim abnormal, dan melahirkan anak pertama pada usia >30 tahun.

Meskipun gejala penyakit endometriosis ini banyak menimbulkan dampak yang cukup banyak pada wanita, namun penyakit ini tidak dikategorikan dalam penyakit kanker meskipun memang mengalami pertumbuhan yang abnormal. Ketidaknormalan penyakit ini bukan disebabkan oleh sistem jaringannya, namun disebabkan oleh letak tumbuhnya dari penyakit ini yang berada diluar rahim. Sebelum kita sima apa saja gejala penyakit endometriosis mati kita simak Penyebab Penyakit Endometriosis sebagai berikut :
  • Factor Genetik
  • Kelainan Sistem Kekebalan
  • Menstruasi yang Bergerak Mundur
  • Sebenarnya belum ditemukan penyabab yang pasti dalam penyakit ini, penyebab diatas hanya penyebab yang dikemukakan menurut teori.

Berikut Adalah Gejala Penyakit Endometriosis :

  • Kemandulan
  • Terjadi Penebalan Vagina
  • Sakit Pada Bagian Pinggang
  • Sakit pada Perut Bagian Bawah
  • Sakit Pada Saat Buang Air Besar
  • Sakit Pada Saat Berhubungan Seksual
  • Saat Mentruasi Darah yang Keluar Lebih Banyak
  • Sakit yang Secara Terus menerus pada saaat Mentruasi
Sebelum pengobatan Gejala Penyakit Endometriosis dilakukan, sebaiknya lakukan pengecekan ke dokter untuk mendapatkan jenis pengobatan yang sesuai dan tepat. Biasanya pengobatan yang dilakukan dengan mengkonsumsi obat pengatur produksi hormone, mengingat penyakit ini banyak disebabkan oleh hormone. Namun pengobtan pada penyakit ini juga tergantung dari gejala dan penyebab yang terjadi, karena setiap orang (wanita) memiliki gejala yang berbeda.

Lakukan pengobatan dengan tuntas, ini bertujuan untuk menjauhkan penyakit yang sama datang lagi meskipun tingkat terserang penyakit yang sama cukup tinggi. Lakukan pencegahan dengan pola hidup sehat, menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, rajin konsumsi air putih yang banyak, rajin konsumsi buah dan sayur, dan rajin berolahraga rutin untuk menjaga kondisi tubuh selalu dalam keadaan sehat. Semoga postingan saya bermanfaat dan wawasan anda bertambah terutama mengenai gejala penyakit endometriosis.

sumber dipetik dari:-http://www.gejalapenyakit.com/gejala-penyakit-endometriosis/