Monday 17 March 2014

Gejala Penyakit Filariasis

Gejala Penyakit Filariasis atau Kaki Gajah,- Penyakit filariasis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh cacing parasit nemtoda dan infeksi yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada tukai bawah kaki dan dikenal sebagai penyakit kaki gajah. Akan tetapi, pembengkakan yang terjadi pada penyakit ini tidak selalu disebabkan oleh penyakit filariasis, akan tetapi disebabkan oleh beberapa factor.

Penyakit ini dibagi menjadi 3 kategori yang dilihat dari tempat pertumbuhan penyakit ini, seperti filariasis limfatik, subkutan dan filariasis rongga serosa. Pada gejala penyakit filariasis limfatik, gejala yang terjadi adalah penebalan kulit dan jaringan/sel-sel yang berada dibawahnya atau dapat menyerang tungkai dada dan alat kelamin.

Pada filariasis subkuta menyerang atau tumbuh pada lemak yang ada pada lapisan kulit. Dan filariasis yang terakhir, filariasis rongga serosa menyerang atau tumbuh pada rongga perut, ini biasanya disebabkan penyebaran dari gigitan nyamuk atau dari gigitan lalat pemakan darah.

Gejala Penyakit Filariasis atau Penyakit Kaki Gajah dan PenyebabnyaGejala Penyakit Filariasis atau Penyakit Kaki Gajah dan Penyebabnya

Biasanya penderita akan mengalami gejala penyakit filariasis atau kaki gajah yang dapat berkembang secara tersembunyi selama periode inkubasi yang dapat berlangsung dari tiga bulan sampai satu tahun setelah infeksi. Penderita juga akan mengalami demam ringan, dengan menggigil dan berkeringat, sakit kepala, mual, dan nyeri otot.

Pasien juga mungkin merasa sensitif terhadap cahaya terang, tanda dan gejala yang lebih spesifik yang berkaitan dengan filariasis adalah ruam merah, daerah kulit bengkak dengan bintik-bintik lembut yang menunjukkan penyebaran cacing benang melalui sistem limfatik. Sebelum kita bahas tentang gejala penyakit filariasis atau kaki gajah mari kita simak Penyebab Penyakit Filariasis :
  • Cacing Parasi
  • Pola Hidup tidak Sehat
  • Lingkungan yang Kotor
  • Daya Tahan Tubuh Lemah
  • Nyamuk yang Terinfeksi Parasit

Berikut Adalah Gejala Penyakit Filariasis atau Gejala Penyakit Kaki Gajah :

  • Mual
  • Nyeri Otot
  • Sakit Kepala
  • Demam dengan Menggigil
  • Sensitif Terhadap Cahaya Terang
  • Pembesaran Kelenjar Getah Bening
  • Pembengkakan di Daerah Cacing Berkembang
Pengobatan pada gejala penyakit filariasis atau kaki gajah bisa dilakukan dengan obat-obatan yang disarankan oleh dokter, yang dimana obat ini dimulai dari dosis yang kecil dan secara bertahap sampai benar-benar gejala pada penyekit ini hilang. Maka dari itu, sebelum melakukan pengobatan harus dilakukan pengecekan secara bertahap pada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan cepat.

Lakukan pencegahan supaya penyakit yang sama tidak dapat menyerang kembali dengan cara, menjaga kebersihan lingkungan sekitar terutama rumah untuk mencegah pertumbuhan cacing parasit, konsumsi buah dan sayur untuk menjaga sistem kekebalan tubuh supaya tetap kuat dan dapat mencegah penyebabran penyakit. Lakukan istirahat yang cukup dan olahraga ringan yang bertujuan supaya kondisi tubuh selalu dalam keadaan sehat dan bugar. Semoga postingan saya bermanfaat dan pengetahuan anda bertambah terutama mengenai masalah gejala penyakit filariasis atau kaki gajah.

sumber dipetik dari:-http://www.gejalapenyakit.com/gejala-penyakit-filariasis/