Sunday 30 March 2014

10 Bahan Makanan Sumber Protein Hewani dan Nabati

Protein merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh sebagai zat pembangun. Ada banyak bahan makanan sumber protein, baik protein hewani maupun protein nabati.Selain sebagai zat pembangun, protein juga berfungsi sebagai pengatur keseimbangan antara kadar asam dan basa dalam sel. Protein juga berfungsi sebagai sumber energi dan cadangan dan energi. Selain itu, dibutuhkan oleh tubuh dalam perbaikan dan perbaikan dan pembentukan sel.

Protein dalam tubuh berperan sebagai pembuatan enzim, antibodi, dan hormon. Kebutuhan tubuh akan protein harus dicukupi. Kekurangan protein merupakan penyebab penyakit Kwasiorkordan marasmus. Selain itu, kekurangan protein juga merupakan salah satu penyebab rambut rontok.

Mengingat pentingnya peranan protein bagi tubuh manusia, kita perlu mencukupi kebutuhan protein. Protein terdapat dalam berbagai bahan makanan, baik yang berasal dari hewan maupun hewan. Adapun protein yang berasal dari tumbuhan disebut protein nabati dan protein yang berasal dari hewan disebut protein hewani.

5 Makanan Sumber Protein Hewani

1. Telur


Telur merupakan salah satu sumber protein hewani dengan kandungan protein yang tinggi, terutama pada putih telurnya. Pada bagian kuning telur terdapat lemak, mineral, dan vitamin.Telur biasa digunakan dalam pembuatan kue. Selain itu, telur juga biasa digoreng dan direbus.

2. Dada ayam

Bahan makanan sumber protein hewani selanjutnya adalah dada ayam. Dada ayam termasuk daging putih. Jika dibandingan dengan bagian ayamlainnya, seperti kulit, kandungan lemak dada ayam lebih rendah. Untuk itu, bagi yang membutuhkan asupan protein tanpa menambah banyak asupan lemak, mengonsumsi dada ayam bisa dijadikan sebagai pilihan. 

3. Ikan

Sumber protein berikutnya yaitu ikan. Jenis ikan dengan protein tinggi sangat beragam, di antaranya yaitu ikan salmon, ikan tongkok, ikan teri, dan ikan bawal. Kandungan protein pada ikan baik untuk anak-anak karena termasuk protein yang mudah dicerna tubuh. 

4. Udang

Udang mengandung asam amino yang baik untuk tubuh. Di samping itu, asam lemak omega-6 dan omega-3 juga termasuk zat gizi yang terdapat pada udang. 

5. Susu

Susu bukan hanya mengandung protein, tetapi juga mengandung zat gizi lainnya, di antaranya adalah kalsium, magnesium, fosfor, dan vitamin. 

Bahan Makanan Sumber Protein Nabati

1. Kedelai

Kedelain merupakan sumber protein nabati dengan kandungan protein yang tinggi. Kedelai merupakan bahan baku pembuatan tempe dan tahu. Selain itu, kedelai juga bisa diolah menjadi susu kedelai. Untuk memperoleh asupan protein nabati, bisa dengan mengonsumsi hasil olahan kedelai tersebut. 

2. Gandum

Selain sebagai sumber karbohidrat, ternyata gandum juga mengandung protein yang terdiri atas asam amino esensial dan asam amino nonesensial. Gandum diolah menjadi tepung terigu, yang merupakan bahan pembuatan roti. 

3. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang mengandung protein. Memang banyam mengandung protein, tetapi kadarnya tidak banyak. Meski begitu, bayam mengandung zat gizi lainnya yang berguna bagi tubuh. 

4. Brokoli

Selain bayam, brokoli juga mengandung protein. Mengonsumis 100 kalori brokoli menjadikan tubuh memperoleh asupan protein 7 gram dan serat 10 gram. 

5. Kacang-kacangan

Sumber protein nabati berikutnya adalah kacang-kacangan. Ada berbagai macam kacang-kacangan sumber protein, seperti kacang merah, kacang hijau, dan kacang tunggak.

sumber dipetik dari:-http://www.artikelkesehatan.net/