Wednesday 2 April 2014

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Tradisional


Sakit gigi dapat menyebabkan penderitanya terganggu dalam melakukan aktivitas. Apa penyebabnya? Bagaimana cara mengobati sakit gigi secara tradisional?

Penyebab Sakit Gigi

1. Karies gigi

Karies gigi merupakan suatu penyakit infeksi yang menyebabkan kerusakan pada struktur gigi. Gigi yang tersusun atas berbagai macam mineral dapat mengalami karies gigi apabila email gigi mengalami kekurangan mineral. Adapun penyebab karies gigi yaitu sisa makanan yang mengandung gula atau susu yang melekat pada email gigi.

2. Erosi gusi

Menggosok gigi terlalu keras dapat menyebabkan erosi gusi. Erosi gusi dapat menimbulkan rasa nyeri/ngilu ketika makan dan minum yang asam, dingin, atau asam. Kondisi ini biasanya tak langsung disadari karena hal ini terjadi dalam waktu yang lama. Agar terhindar dari erosi gusi, rawat gigi secara baik-baik, memakai sikat gigi dengan bulu yang halus dan lembut.

3. Gigi longgar

Gigi longgar dapat disebabkan karena benturan keras pada gigi. Gigi longgar juga bisa disebabkan karena penyakit gusi seperti periodontitis atau gingivitis.

4. Infeksi kanal akar gigi

Infeksi kanal akar gigi dapat menimbulkan rasa perih dan nyeri. Terkadang gigi yang terkena infeksi sampai keluar darah dan nanah. Bahkan, nanah tersebut seperti terjebak dalam akar gigi dan berada di dalam tulang rahang penderitanya secara terus menerus sehingga menyebabkan tersebarnya bakteri ke aliran darah.

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Tradisional

1. Bawang merah

Bawang merah memiliki kandungan zat anti bakteri sehingga dapat bermanfaat untuk melawan bakteri yang terdapat pada gigi. Cara penggunaannya yaitu dengan mengunyah bawang merah selama lebih kurang 3 menit dalam sehari. Lakukan cara ini secara rutin sampai nyeri pada gigi berkurang bahkan lenyap.

2. Bawang putih

Cara tradisional berikutnya untuk mengobati sakit gigi yaitu menggunakan bawang putih. Cara penggunaanya, sediakan 1-2 siung bawang putih, tumbuk halus, kemudian campur dengan garam secukupnya, kemudian taburkan pada gigi yang sakit. Untuk menambahkan efeknya, kunyah 1 siung bawang putih setiap pagi.

3. Jeruk limau

Jeruk limau mengandung banyak vitamin C yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Buah ini berkhasiat untuk mencegah gigi berlibang, menghentikan pendarahan pda gusi, mengatasi nyeri ketika sakit gigi, dan mencegah pembentukan plak.

4. Biji apukat

Sediakan biji alpukat kemudian sangrai. Tumbuk halus biji alpukat yang telah disangrai sampai menjadi bubuk. Selanjutnya, tabur biji alpukat yang telah dihaluskan ke gigi yang sakit, kemudian tutup dengan menggunakan kapas.

5. Cengkeh

Cara mengobati sakit gigi berikutnya yaitu dengan menggunakan minyak cengkeh. Khasiat minyak cengkeh yaitu dapat mengatasi sakit gigi dan mengurangi infeksi pada gigi. Hal ini karena cengkeh mengandung zat antiseptik. Cara penggunaannya, oleskan minyak cengkeh pada bagian gigi yang terasa sakit.

sumber dipetik dari:-http://www.artikelkesehatan.net/2013/12/cara-mengobati-sakit-gigi-secara-tradisional.html