Wednesday 2 April 2014

5 Bahan Makanan yang Mengandung Sumber Karbohidrat

Bahan Makanan Sumber Karbohidrat
Karbohidrat merupakan zat gizi penting bagi tubuh. Karbohidrat merupakan sumber energi. Selain itu, karbohidrat juga memberikan rasa kenyang. Adapun bahan makanan yang mengandung karbohidrat tak sebatas nasi saja, masih banyak sumber karbohidrat dari bahan makanan lainnya. Apa saja bahan makanan yang mengandung karbohidrat?

nasi sumber karbohidrat
Ada sejumlah bahan makanan yang mengandung karbohidrat. Bahan makanan ini sering kali digunakan sebagai makanan pokok.

Bahan Makanan Sumber Karbohidrat

1. Beras

Beras merupakan bahan baku untuk membuat nasi. Beras mengandung glukosa, yang merupakan salah satu jenis karbohidrat. Bahan makanan yang berasal dari padi ini seringkali diolah menjadi berbagai macam olahan makanan, seperti nasi, bubur, ketupat, dan sebagainya.

2. Jagung

Selain beras, jagung juga merupakan sumber karbohidrat. Selain nasi, jagung juga merupakan bahan makanan pokok di beberapa wilayah Indonesia, seperti Nusa Tenggara dan Madura. Jagung biasa diolah menjadi nasi jagung, bubur jagung, dan blendung. Selain itu, jagung juga dapat dimanfaatkan untuk membuat tepung, yaitu tepung maizena.

3. Singkong

Tak hanya beras dan jagung saja, singkong juga termasuk sumber karbohidrat. Singkong mengandung karbohidrat kompleks yang merupakan jenis karbohidrat yang memerlukan waktu lebih lama dalam proses pencernaan. Dengan begitu, mengonsumsi singkong dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Dulu, ketela pohon ini adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Dulu singkong diolah menjadi gaplek sebagai makanan pokok orang Indonesia. Kini telah banyak berbagai makanan berbahan baku singkong, seperti getuk, tiwul, keripik singkong, dan sebagainya.

4. Sagu

Bahan makanan sumber karbohidrat berikutnya yaitu sagu. Selain nasi dan jagung, sagu juga meruakan makanan pokok Indonesia, khususnya warga Maluku dan Papua. Sagu berasal dari pengolahan teras batang rumbia. Sagu yang dikonsumsi biasa berupa papeda (semacam bubur). Sagu juga dapat dibuat mie.

5. Gandum

Bahan makanan berikutnya yang mengandung karbohidrat yaitu gandum. Tepung terigu yang merupakan hasil olahan gandum dapat dibuat berbagai macam makanan, seperti roti, mie, kue, dan sebagainya.

sumber dipetik dari:-http://www.artikelkesehatan.net/2013/12/bahan-makanan-sumber-karbohidrat.html