Saturday 5 April 2014

Fungsi dan Sumber Vitamin A

Kacang polong

Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Apa saja fungsinya? Dari mana sumber vitamin A?

Fungsi Vitamin A
1. Indera penglihatan
Vitamin A memegang peranan penting untuk pembentukan mata manusia, yang merupakan indera pneglihatan. Vitamin A berperan dalam metabolisme pada lapisan retina paling luar, yang fungsinya untuk menyesuaikan cahaya terang dan gelap.
2. Sistem imun
Selain baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga berperan penting dalam sistem imunitas manusia. Vitamin ini dapat berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi bakteri. Selain itu, vitamin ini mampu meningkatkan antibodi sehingga meningkatkan daya tahan tubuh dari bakteri patogen, virus, dan racun.
3.  Sebagai antioksidan
Beta-karoten merupakan salah satu bentuk vitamin A, yang termasuk antioksidan. Karena sifat antioksidannya, beta-karoten mampu menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. Selain itu, antioksidan juga berhubungan dengan proses penuaan pada sel kulit.
Sumber Vitamin A
Vitamin A dapat bersumber dari hewan maupun tumbuhan. Sumber vitamin A yang berasal dari tumbuhan bisa berupa sayur-sayuran dan buah-buahan. Sedangkan sumber vitamin A dari hewan dapat berasal dari keju, minyak ikan kod, susu, dan telur. Adapun buah-buahan bervitamin A contohnya wortel, pepaya, semangka, dan sebagainya. Sedangkan sayur-sayuran sumber vitamin A di antaranya bayam, broki, dan kacang ercis.
Sayur-sayuran Sumber Vitamin A

1. Bayam
Bayam tak hanya mengandung zat besi, tetapi juga vitamin A. Dalam 100 gram bayam mengandung vitamin A 469 µg. Bayam biasa dibuat sebagai sayaur berkuah. Selain itu, bayam juga bisa diolah menjadi keripik yang disebut keripik bayam.
2. Brokoli
Selain bayam, brokoli juga mengandung vitamin A. Brokoli mengandung vitamin A sebanyak 4% per 100 gram. Brokoli biasa direbus atau dikukus sebagai cara pengolahannya. Brokoli juga kerap dijadikan sebagai campuran masakan sayur.
3. Kacang polong
Kacang polong atau kacang ercis adalah tanaman yang menghasilkan sayuran berupa biji yang berawana hijau. Jenis sayuran ini biasa dimanfaatkan sebagai bahan dalam masakan sup dan salad. Selain itu, kacang ercis juga biasa dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk masakan nasi goreng dan fuyonghai. Dalam 100 gram kacang ercis mengandung vitamin A dengan kadar 5%.
4. Kale
Selain bayam, brokoli, dan kacang ercis, kale juga merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin A. Kale satu spesies dengan sayuran brokoli. Daun sayuran ini berwarna ungu atau hijau.

sumber dipetik dari:-http://www.artikelkesehatan.net/