Thursday 3 April 2014

Tips Cara Mengatasi Wajah Berminyak | Perawatan Kulit

cara mengatasi wajah berminyak? Kondisi kulit wajah yang berminyak dapat mengurangi rasa percaya diri. Kulit berminyak merupakan penyebab munculnya jerawat. Hal ini karena pori-pori kulit tertutup oleh minyak yang terdapat pada permukaan wajah.

Wajah yang berminyak dapat mengurangi rasa percaya diri. Selain itu, kondisi ini juga merupakan penyebab jerawat. Bagaimana

Penyebab Wajah Berminyak
  1. Produksi hormon berlebihan. Wajah berminyak dapat disebabkan karena produksi hormon yang berlebihan dalam tubuh. Pada masa puber terjadi peningkatan produksi hormon. Maka dari itu, tak heran bila banyak remaja yang memiliki masalah kulit wajah.
  2. Pola makan. Minyak dapat disebabkan karena garam atau gula berlebih dalam tubuh. Makanan yang berlebihan juga tak baik bagi kesehatan.
  3. Keturunan. Faktor keturunan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab wajah berminyak.
Cara Mengatasi Wajah Berminyak

1. Tomat

Tomat dapat bermanfaat untuk mengatasi wajah berminyak. Caranya, sediakan irisan tomat, lalu tutupi pada wajah. Lakukan cara ini sebelum tidur.

2. Mentimun

Cara penggunannya seperti tomat, yaitu diiris lalu ditempelkan ke wajah sebelum tidur. Cara lainnya, parut timun lalu campur dengan sedikit air. Saring menggunakan kain tipis untuk mendapatkan sarinya. Atau jika ada blender, haluskan dengan blender. Gunakan air mentimun tersebut sebagai olesan wajah. Caranya, oles air sari mentimun dengan menggunakan kapas secara merata. Untuk hasil yang lebih baik bisa ditambahkan minyak zaitun dan sedikit air perasan jeruk nipis.

Setelah itu, biarkan kira-kira 20-30 menit lalu cuci muka hingga bersih dengan menggunakan air hangat. Mencuci muka dengan air hangat dapat bermanfaat untuk menghilangkan lemak yang terdapat pada kulit wajah. Selanjutnya, ambil handuk lalu celupkan ke dalam air dingin. Setelah itu, peras handuk kemudian usapkan pada wajah yang sudah dibilas dengan air hangat. Kegunaan air dingin dalam cara ini yaitu untuk merapatkan kembali pori-pori yang terbuka karena air hangat.

3. Seledri

Seledri dapat bermanfaat untuk mengurangi minyak pada wajah. Caranya, sediakan daun seledri secukupnya, kemudian potong-potong kecil. Selanjutnya, masukkan potongan daun seledri tersebut ke dalam air mendidih. Biarkan air rendaman seledri kira-kira 15-20 menit. Selanjutnya, biarkan hingga dingin. Setelah itu, oleskan air rebusan seledri ke wajah. Biarkan hingga meresap dan menggering. Selanjutnya, bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Lakukan cara ini dua hari sekali.

4. Bedak dingin

Selain tomat, mentimun, dan seledri, mengatasi wajah berminyak juga bisa dengan menggunakan bedak digin. Bedak dingin ada yang berbentuk tepung dan ada juga yang berbentuk bulatan kecil. Untuk bedak dingin yang berbentuk bulat, ambil dua bulatan lalu hancurkan dengan menggunakan sedikit air. Setelah itu, oleskan bedak tersebut pada wajah sampai rata sebelum tidur. Biarkan hingga pagi, setelah itu cuci wajah dengan air bersih.

sumber dipetik dari:-http://www.artikelkesehatan.net/