Saturday 5 April 2014

Tanda Bahaya Serangan Jantung Akan Menyerang Anda

Ini harus menjadi perhatian bagi Kita semua, kebanyakan orang tidak menyadari kalau mereka memiliki penyakit jantung, hingga saatnya mereka terkena serangan jantung untuk yang pertama kali. Serangan Jantung atau dalam istilah medisnya disebut Infark miokard, bisa terjadi ketika adanya plak yang menyumbat aliran darah ke otot  jantung , sehingga otot jantung menjadi mati. Hal ini biasanya disertai dengan nyeri dada luar biasa.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan serangan jantung, seperti usia, keturunan, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, obesitas, pola makan yang buruk, konsumsi alkohol, stres, dan kurangnya aktivitas fisik.

Dan untuk mengetahui potensi serangan jantung sesegera mungkin, Anda bisa mempelajari tanda bahaya serangan jantung akan menyerang Anda berikut ini :

Cepat Lelah & Sesak Napas

Tanda yang pertama kali dirasakan adalah Kelelahan dan sesak napas. Kelelahan dan sesak napas adalah cara tubuh untuk memberitahu bahwa Anda butuh istirahat, tapi bisa juga menjadi tanda adanya masalah jantung sebagai respon terhadap tekanan ekstra pada jantung Anda. Jika Anda cepat lelah atau letih tanpa sebab, Anda wajib waspada.

Berkeringat Sepanjang Hari

Jika Anda berkeringat lebih dari biasanya, terutama jika Anda tidak berolahraga atau aktif, bisa jadi ini adalah tanda peringatan dini adanya masalah jantung. Jantung harus berkerj keras memompa darah melalui arteri tersumbat, sehingga tubuh Anda akan berkeringat lebih banyak agar menjaga suhu tubuh tetap stabil. Jika Anda sering mengalami keringat dingin atau kulit lembab dan dingin, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

Gangguan pencernaan, Mual & Muntah

Seringkali orang mulai mengalami gangguan pencernaan ringan dan masalah pencernaan lainnya sebelum serangan jantung. Jika Anda mengalami gangguan pencernaan ini menandakan bahwa sesuatu yang lain sedang terjadi.

Rasa Nyeri di Dada, Dada Sesak

Rasa nyeri dan dada sesak merupakan tanda umum dari serangan jantung. Orang-orang yang telah mengalami hal ini merasakan seperti ada tekanan yang kuat pada dada mereka. Jika Anda mengalami Nyeri atau sesak di dada, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Rasa Sakit di Bagian Tubuh Lainnya


Adanya rasa nyeri dan sesak pada daerah tubuh lainnya atau rasa tidak nyaman pada salah satu atau kedua lengan, perut, bahu, punggung, tenggorokan, bagian rahang.

Jika Anda memiliki risiko terkena serangan jantung atau penyakit jantung, maka Anda harus mulai memperhatikan pola  atau gaya hidup Anda, mulailah berolahraga yang menyehatkan jantung, lakukan manajemen stress, dan makan makanan bergizi.

sumber dipetik dari:-http://factsandhealth.blogspot.com/