Saturday 29 March 2014

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami - Kutu rambut merupakan hewan parasit yang hidup di kepala. Kutu rambut merugikan karena mengisap darah pada kulit kepala. Kutu rambut berukuran kecil dengan warna abu-abu, coklat, dan hitam sehingga untuk mencarinya perlu teliti.
Kutu rambut yang mengisap pada kulit kepala dapat menimbulkan rasa gatal. Meski begitu, kepala yang terasa gatal bukan berarti terdapat kutu, bisa jadi karena masalah lainnya (misal: ketombe).

Cara Penularan

Orang yang sebelumnya tidak terdapat kutu rambut pada kepalanya, bisa terkena kutu rambut karena tertular. Berikut ini beberapa cara penularan kutu rambut.
  1. Tidur bersama dengan anggota keluarga yang terkena kutu rambut.
  2. Berjalan berdampingan dengan orang yang terkena kutu rambut.
  3. Menggantung pakaian, jilbab, topi, atau handuk di tempat yang sama dengan anggota keluarga yang terkena kutu rambut.
  4. Berbagi peralatan secara bersama dengan anggota keluarga yang terkena kutu rambut, misalnya sisir, topi, dan bantal.  
Untuk anak laki-laki yang terkena kutu rambut, cara menghilangkan kutu rambut dari kepala bisa dengan cukur gundul. Tapi, bagaimana jika terjadi pada wanita? Ada sejumlah bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kutu rambut.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

1. Minyak kelapa
Minyak kelapa atau minyak klentik dapat masuk ke dalam saluran pernapasan kutu rambut dan menyebabkan kutu rambut mengalami dehidrasi dan lemas. Untuk mengatasi kutu rambut dengan minyak kelapa, tuang minyak kelapa hangat pada kepala lalu remas rambut seperti halnya berkeramas. Setelah itu, bungkus rambut dengan menggunakan topi mandi plastik. Lakukan hal itu sebelum tidur. Pagi harinya, cuci kepala untuk menghilangkan minyak. Sisir rambut dengan menggunakan serit (sisir bergigi rapat yang khusus untuk membersihkan kutu rambut). Lakukan cara ini sampai 3 malam secara berturut-turut. Periksa rambut, jika diperlukan, ulangi langkah tersebut.
2. Jeruk nipis dan minyak kayu putih
Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan perpaduan antara jeruk nipis dengan minyak kayu putih. Caranya, buat campuran air perasan jeruk nipis dengan beberapa sendok minyak kayu putih. Oleskan campuran tersebut pada rambut. Pijat kepala dan remas-remas rambut secara perlahan dalam waktu beberapa menit hingga campuran tersebut merata. Pakai topi mandi plastik pada kepala lalu biarkan selama 1 jam. Setelah itu, keramas seperti biasa hingga bersih. Sisir rambut dengan menggunakan serit. Ulangi cara tersebut beberapa kali dalam seminggu.
3. Cuka putih
Cuka putih merupakan bahan yang efektif untuk melepaskan telur-telur kutu rambut dari rambut. Selain itu, bahan ini bersifat antiseptik sehingga berguna juga untuk membersihkan bakteri dan jamur pada kepala. Cara penggunaannya, basahi kulit kepala dengan menggunakan air cuka, lalu tutup kepala dengan menggunakan topi mandi plastik. Biarkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu, keramas seperti biasanya. Ulangi cara tersebut beberapa kali.

Itulah beberapa bahan yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kutu rambut. Demikian artikel kesehatan seputar cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami.