Friday 28 March 2014

Manfaat tomato untuk kesehatan

Manfaat tomato untuk kesehatan sangat baik bila dikonsumsi setiap hari karena kaya akan vitamin  A dan juga C, dengan harga yang realtif murah tomat bisa dengan mudah didapatkan dan biasanya sering digunakan untuk keperluan memasak di dapur, selain untuk bahan memasak tomat bisa langsung dimakan atau dibuat jus.

Tomato mengadung antioksidan sehingga baik untuk dikonsumsi agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas dan menurunkan resiko terkena penyakit kanker.


Selain sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh t
omato juga sangat baik untuk kecantikan yaitu untuk menjaga kulit wajah agar terhindar dari gangguan seperti jerawat, komedo dan membuat wajah menjadi terlihat bersih, segar dan halus.

Beberapa manfaat tomato yang dapat digunakan untuk kecantikan seperti:
Mengecilkan lubang pori-pori pada wajah
Caranya: hancurkan  tomato atau bisa juga dijus lalu beri sedikit air jeruk nipis kemudian oleskan pada wajah maupun leher dan biarkan selama seperempat jam kemudian bersihkan dengan air bersih.

Membantu mengatasi masalah jerawat

Caranya: potong-potong tomato menjadi beberapa bagian lalu tempelkan pada wajah yang berjerawat, jika jerawat cukup banyak tomat sebaiknya dihancurkan lalu oleskan pada wajah anda, biarkan selama satu jam kemudian bersihkan dengan air bersih.
Saran: rajinlah membersihkan wajah dan leher setiap hari dan hindarilah mengkonsumsi makanan yang mudah memicu timbulnya jerawat serta hindari stres.

Membantu melembabkan kulit yang cenderung kering

Caranya: hancurkan tomato kemudian campurkan secukupnya yoghut yang murni lalu oleskan pada permukaan kulit wajah setelah 20 menit kemudian bersihkan dengan air bersih.

Membuat kulit wajah terlihat segar

Caranya: hancurkan tomato lalu tambahkan madu dan aduk hingga merata setelah itu oleskan pada wajah dan biarkan selama seperempat jam kemudian bersihkan dengan air bersih.

Mengatasi minyak berlebih pada wajah

Caranya: siapkan tomato yang sudah diblender kemudian disaring lalu campurkan dengan mentimun yang juga sudah di blender kemudian oleskan pada wajah, lakukan secara rutin setiap hari bermanfaat sebagai astringent.

Beberapa manfaat tomato yang dapat digunakan untuk kekesehatan tubuh seperti:
  • Mencegah kanker, tomato yang dimasak mengandung lebih banyak lycopene daripada tomat yang dimakan langsung, jadi sering-seringlah memasukkan tomat ke dalam masakan tumisan atau masakan sup anda karena lycopene sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker seperti kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker prostat serta kanker perut.
  • Menjaga kesehatan jantung, tomato mengandung kalium dan vitamin B yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol sehingga dapat mempengaruhi juga kesehatan jantung serta menurunkan resiko terkena stroke.
  • Mengandung antioksidan, kandungan lycopene, beta carotene serta vitamin A dan C dalam tomato sebagai zat antioksidan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh.
  • Membuat rambut dan mata lebih sehat, tomato mengandung vitamin A yang tinggi sehingga sangat baik untuk membuat rambut dan mata lebih sehat terhindar dari penyakit rabun senja .
  • Membuat gigi dan tulang lebih kuat, tomato mengandung vitamin K serta kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang agar lebih kuat dan sehat.
Itulah manfaat tomato untuk kesehatan yang sangat penting untuk diketahui karena tomat merupakan sayuran yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

sumber dipetik dari:-http://koesehat.blogspot.com/2014/03/manfaat-tomat-untuk-kesehatan.html