Monday 24 March 2014

Manfaat buah apel untuk kesehatan

Manfaat buah apel sangat baik untuk kesehatan tubuh kita karena apel mengandung sejumlah vitamin dan juga mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, selain itu buah apel mudah didapatkan meskipun sedikit mahal tapi sebanding tentunya dengan manfaatnya yang luar biasa.

Buah apel mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6 B9, C serta mineral seperti magnesium, kalsium, potassium, zat besi, phosphorus, buah apel ada yang berwarna merah, hijau atau sedikit kekuningan mempunyai rasa manis dan asam namun tetap enak untuk dikonsumsi dan banyak digemari oleh setiap orang.

Makan buah apel sebaiknya dimakan beserta kulitnya karena bagian kulitnya juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan , kandungan anti oksidannya sangat baik untuk menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

Namun ada sebagian orang yang sering mengalami alergi saat mengkonsumsi buah apel secara langsung, ditandai dengan adanya gangguan disekitar mulut seperti bibir bengkak ataupun gangguan lainnya seperti diare, sakit perut, hidung berair dan bersin-bersin, jika anda termasuk dalam golongan ini sebaiknya hindari mengkonsumsi buah apel.

Manfaat buah apel untuk kesehatan diantaranya:

  • Kandungan asam tartar dalam buah apel mampu mengatasi gangguan di bagian pencernaan yang disebabkan oleh bakteri yang merugikan.
  • Kandungan antioksidannya seperti zat fitokimia dan zat flafoid dapat menangkal radikal bebas sehingga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker sehingga menurunkan resiko terkena penyakit kanker seperti kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker hati dan  kanker prostat.
  • Buah apel juga sangat baik untuk menyehatkan mata dan menurunkan resiko terkena penyakit katarak.
  • Sangat cocok untuk penderita diabetes karena apel sangat baik untuk menstabilkan dan mengontrol kadar gula darah 
  • Kandungan kalsium dalam apel sangat baik untuk mengatasi gangguan sendi dan tulang seperti osteoporosis, buah apel dapat membantu tulang dan sendi anda lebih kuat.
  • Menurunkan resiko terkena penyakit jantung, hati serta ginjal.
  • Buah apel sangat baik untuk kesehatan otak sehingga menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer.
  • Manfaat apel lainnya adalah untuk kesehatan kulit sangat cocok untuk para wanita yang menginginkan kulit bersih dan sehat, kandungan vitamin dalam buah apel membuat kulit wajah anda terlihat lebih sehat dan bersih.
  • Dengan minum jus buah apel setiap hari menurut penelitian dapat membantu mengatasi penyakit asma.
  • Mengkonsumsi buah apel dengan cara digigit langsung dipercaya dapat menyehatkan gusi dan gigi karena dengan menggigit dan mengunyah buah apel dapat mengingkatkan produksi air liur sehingga mengurangi bakteri penyebab bau mulut dan kandungan tanin dalam apel sangat baik untuk melindungi gigi dari kerusakan.
  • Kandungan serat dalam buah apel sangat baik untuk diet dan membantu menurunkan berat badan karena dengan mengkonsumsi buah apel membuat perut cepat kenyang, membantu menurunkan lemak dan juga kolesterol.
Itulah manfaat buah apel untuk kesehatan sehingga kita bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah apel agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit serta membuat kulit wajah menjadi lebih sehat dan bersih.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
sumber dipetik dari:-http://koesehat.blogspot.com/2014/03/manfaat-buah-apel-untuk-kesehatan.html