Thursday 27 March 2014

Tips: Cara Menghilangkan Ketombe pada Kulit Kepala

Santan kelapa

Ketombe merupakan salah satu masalah yang dapat dialami kulit kepala. Adapun cara menghilangkan ketombe bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bagaimana cara mengatasi ketombe secara alami?

Apa itu Ketombe?

Ketombe bukanlah jenis hewan seperti kutu rambut. Ketombe merupakan pengelupasan kulit mati yang berlebihan pada kulit kepala. Ketombe bisa disebabkan karena jamur, bakteri, dan bisa juga karena kulit kepala yang kurang lembap.

Ketombe pada kulit kepala menyebabkan gatal. Untuk mengatasi atau mencegahnya, biasanya menggunakan shampo. Namun, bagaimana kalau sudah diberishkan dengan shampo tapi ketombe masih tetap saja ada. Bahan-bahan alami bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala.

Cara Menghilangkan Ketombe dari Kulit Kepala
Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala.
  1. Lidah buaya : Lidah buaya merupakan tanaman yang dikenal berkhasiat bagi kesehatan rambut. Tanaman dengan nama lain Aloe vera ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe. Caranya, ambil bagian dalam lidah buaya, kemudian oles secara merata pada kulit kepala yang berketombe atau terasa gatal. Kemudian biarkan sekitar 15 menit sampai olesan lidah buaya merata dan diserap oleh rambut dan kulit kepala. Setelah itu, cuci rambut dengan menggunakan air bersih dan dan shampo.
  2. Minyak zaitun : Bahan alami berikutnya yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala yaitu minyak zaitun. Caranya, buat campuran antara dua sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan minyak almond. Oleskan campuran bahan tersebut pada kulit kepala seraya memijatnya perlahan hingga merata. Selanjutnya, biarkan kurang lebih 15 menit supaya campuran tersebut merata dan meresap di kulit kepala. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih dan shampo.
  3. Santan kelapa : Untuk mengatasi masalah ketombe juga bisa dengan memanfaatkan santan kelapa. Caranya, sediakan santan dari ½ butir kelapa, 1½ gelas air kelapa, jus nanas ukuran sedang, dan cairan jeruk nipis. Campur seluruh bahan tersbeut lalu aduk sampai larut dan rata. Gunakan campuran tersebut untuk mencuci rambut. Selanjutnya, bilas rambut dengan air bersih dan keramasi denga shampo. Agar hasilnya maksimal, lakukan seminggu sekali secara rutin.
  4. Lemon : Selain lidah buaya, minyak zaitun, dan santan kelapa, bahan alami berikutnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ketombe yaitu lemon. Sediakan 1 buah lemon lalu ambil airnya. Setelah itu, campurkan dengan minyak kelapa 15 mililiter. Basuh rambut dengan cairan tersebut lalu pijat kulit kepala dengan perlahan. Lakukan pada malam hari, karena perlu diendapkan dulu dalam waktu delapan jam.
Itulah beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkat ketombe pada kulit kepala secara alami. Demikian artikel kesehatan tentang tips menghilangkan ketombe.

sumber dipetik dari:-http://www.artikelkesehatan.net/